PERAN MAHASISWA UIN DAN IAIN DALAM MEMBANGUN INDONESIA

PERAN MAHASISWA UIN DAN IAIN DALAM MEMBANGUN INDONESIA
     Peran mahsiswa yang begitu populer adalah mahasiswa sebagai agen of change. banyak terjadi perubahan-perubahan dasyat berkat kerja keras para mahsiswa. dari dulu sampai sekrang, mahasiswa menujukan perannya yang sangat vital dalam perubahan-perubahan manusia menjadi lebih baik. Sejarah mencatat bahwa kontribusi mahasiswa begitu besar dalam perubahan zaman. Di indonesia pun mahasiswa memperlihtkan dampak yang luar biasa, tidak hanya membela kaum yang lemah, tetapi dapat mengulingkan kekuasaan. Baik di era orde lama hingga sampai ke orde baru, mahasiswa menujukan kekuatan yang tidak bisah terkalahkan.

    Sekarang pun di era kebebasan informasidan lahirnya media baru yang ditandai dengan semaraknya media sosial, peran tetap dinanti kiprahnya dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan bangsa. di era Euphoria informasi ini, mahasiswa harus bisa berperan dalam membuat informasi yang benar dan akurat, bisa meluruskan informasi yang menyesatkan, sehingga bisa mereduksi konflik-konflik yang berawal dari informasi yang merugikan sekaligus memicu adanya konflik. 
      Karena diantara konflik horizontal dan vertikal, di berbagai daerah indonesia, dipengaruhi karena adanya informasi sampah. ditambah lagi ketidaktahuan diantara pihak-pihak penguna dan konsumen media, sehingga muncul berbagai penafsiran yang salah. kondisi itu mulai terjadi di akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017. bagaimana banyak pihak yang bertindak dan berangapan yang tidak propesional. akhirnya ada pihak-pihak tertentu yang tidak tahu apa apa mendapat dampaknya. 
     Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi komunikasi yang membuat setiap orang dengan bebas mengirim dan menerima pesan, membuat suasana semakin tidak jelas. disisi lain, meskipun era kebebasan informasi sudah lama berlangsung, namun tidak otomatis tidak membuat orang mudah dan langsung paham akan pesan-pesannya. karena tidak semua orang memiliki pemahaman dan wawasan yang sama mengenai informasi teknlogi.
     Berangkat dari fenomena-fenomena itulah, mahasiswa ditunggu peran aksinya, selaku insan yang cerdas, kratif dan inovatif. Diharapakan mhasiswa menjadi triger dalam melakukan advokasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat semakin cerdas dan melek media, melek informasi, dan jangan sampai mudah terprovokasi oleh informasi-informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab. sehingga peran mahasiswa sangat besar dalam menjaga marwah islam yang rahmatanlilamin seperti kebencian terhadap agama harus dilawan dengan kecintaan dan kedamian dalam beragama. islam adalah rahmat bagi seluruh alam jadilah pres mahsiswa yang menyebarkan perdamian rahmat bagi seluruh alam.

Komentar